Apa itu inverter pada sistem PLTS? Dan apa fungsinya?

Bagi kita yang sedang mencari informasi tentang solar cell system, sistem panel surya atau biasa disebut pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) kita sering bertemu dengan kata inverter.

Apa itu inverter pada sistem PLTS? Dan apa fungsinya?

Inverter pada sistem plts adalah sebuah komponen atau alat pada sistem solar panel yang berfungsi untuk merubah arus DC (Direct Current) yang dihasilkan oleh panel surya menjadi arus listrik AC (Alternating Current).

Hampir semua peralatan rumah tangga kita seperti AC, TV, Kulkas, Charger HP, Charger Laptop, Komputer, Pompa Air, Lampu dll menggunakan Arus Listrik AC.

Solar panel pada sistem panel surya menghasilkan arus listrik DC, untuk dapat kita gunakan untuk kebutuhkan kita harus merubahnya menjadi arus listrik AC menggunakan alat yang bernama inverter.

Selain bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, listrik AC yang dihasilkan inverter juga berguna untuk mengimpor kelebihan daya yang dihasilkan sistem panel surya yang kita hasilkan ke jaringan PLN untuk dapat dimanfaatkan kembali sebagai kredit jika sistem panel surya berhenti bekerja di malam hari.

Beberapa inverter dilengkapi dengan komponen charger untuk melakukan charge ke baterai pada sistem panel surya On-Grid dengan baterai & Off-Grid / Stand Alone.

Leave a Comment

Your email address will not be published.