Apa itu Peak Sun Hour?

Peak Sun Hour (PSH) adalah parameter untuk menyatakan perbandingan lamanya penyinaran matahari maksimum (dalam jam) per hari terhadap standar intensitas radiasi matahari yang nilainya 1 kW/m2, satuan dari PSH adalah jam (hour).

Istilah PSH mengacu pada insolasi atau radiasi matahari pada lokasi tertentu yang akan diterima jika matahari bersinar dengan nilai maksimum dalam jangka waktu tertentu, yang dinyatakan dengan jam.

Pada dasarnya Intensitas radiasi matahari yang diterima permukaan tidaklah konstan melainkan meningkat di pagi hari, mencapai puncak di siang hari, kemudian turun hingga matahari terbenam.

Untuk mendapatkan PSH, yang diperlukan adalah data radiasi, berikut data radiasi menurut website https://globalsolaratlas.info

Kota Photovoltaic Power Output/Day
Jakarta 4.701kWh/m2/day
Tangerang 4.640 kWh/m2/ day
Bekasi 4.780 kWh/m2/ day
Depok 4.712 kWh/m2/day
Bogor 4.638 kWh/m2/day
Bandung 4.912 kWh/m2/day
Surabaya 5.453 kWh/m2/day
Bali 4.392 kWh/m2/day

Rata Rata kota besar di indonesia memiliki PSH antara 4 – 5 Jam, mengetahui PSH sangat penting sebagai pedoman kita dalam melakukan investasi pemasangan PLTS untuk menentukan kapan akan mendapatkan BEP dari investasi PLTS yang kita lakukan.

Namun perlu diingat sebelum menghitung kapan invetasi kita akan balik modal, PSH bisa dimaksimalkan jika sistem PLTS kita menggunakan Solar Panel dengan efisiensi yang tinggi dan memiliki performa yang konstan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.